Aplikasi Muncul Sendiri Di Android Otomatis Dan Cara Memperbaikinya

Aplikasi Muncul Sendiri Di AndroidPerangkat android sudah semakin maju dari waktu ke waktu dan memiliki fungsi yang sangat menarik sekali untuk digunakan, namun siapa sangka ada beberapa kendala yang bisa di rasakan oleh penggunanya yakni perangkat androidnya menginstall otomatis sebuah aplikasi tanpa di sadari oleh penggunanya sendiri. Bagi teman – teman yang memiliki kendala dimana smartphonenya memiliki kerusakan yakni ada sebuah aplikasi yang muncul sendiri di smarthone, disini Opsi Ponsel akan memberikan beberapa cara untuk mengatasinya.

Ada banyak hal yang menyebabkan smartphone anda memiliki kerusakan dalam hal yang satu ini, dimana memang kita sendiri tidak memasang aplikasi apapun di Google Playstore namun ada aplikasi yang terpasang dengan sendirinya. Hal ini bisa saja terjadi dan tidak menutup kemungkinan, salah satu penyebabnya adalah anda terlalu sering berjalan – jalan ke website yang memiliki intergritas yang kurang baik untuk di kunjungi.

Ada beberapa macam tindakan yang bisa anda lakukan, dan beberapa cara di bawah ini bisa menjadi pilihan bagi anda sendiri untuk memilah cara mana saja yang cocok untuk perangkat android Anda sendiri. Berikut beberapa cara mencegan aplikasi terinstall sendiri di android, silahkan disimak untuk menjadi referensi anda dalam menghadapi permasalah ini.

APLIKASI MUNCUL SENDIRI DI ANDROID

  • Safe Mode & Stop Aplikasi

Cara yang pertama kita gunakan sebuah fitur dari smartphone anda sendiri untuk mencegah terjadinya sebuah kerusakan ini, dimana nantinya smartphone ini akan mencegah beberapa pemasangan APK yang di curigai dan tidak melalui jalur yang benar. Berikut beberapa langkahnya :

  • Pertama silahkan restart smartphone anda terlebih dahulu untuk menghentikan beberapa aplikasi yang mungkin berjalan dengan tidak normal, fungsi dari restart juga cukup baik pengaruhnya karena merefresh perangkat lunak.
  • Setelah itu silahkan masuk ke bagian safe mode, untuk disini tiap smartphone pasti memiliki cara yang berbeda – beda sesuai dengan type dan jenisnya. Silahkan lakukan pencarian di Google untuk mengetahui langkahnya, karena tidak mungkin admin jelaskan semua tipe HP dan cara safe modenya.
  • Sebagai contoh saya menggunakan HP Oppo F1, silahkan matikan dahulu smartphone à setelah mati tekan tombol power sampai muncul logo oppo (Jangan Dilepas) àsetelah logo muncul muncul lepaskan power dan tekan volume bawah (Jangan Dilepas Juga) à setelah muncul tulisan safe mode lepaskan tombol volume bawah.
  • Setelah itu proses masuk safe mode selesai dan akan ada tulisan “Safe Mode” di bagian kiri bawah.
  • Silahkan cari aplikasi yang terpasang secara otomatis atau aplikasi yang menurut anda tidak berguna sama sekali
  • Setelah menemukan aplikasi mana saja silahkan stop aplikasi tersebut dan kemudian pilih turn off untuk medelet secara permanen aplikasi tersebut.

Baca juga ulasan tentang : Aplikasi Lockscreen Android Tercanggih

CATATAN : jika ada beberapa aplikasi yang berhubungan dengan google atau aplikasi yang berhubungan dengan bawaan smartphone itu sendiri, sebaiknya fikirkan dahulu sebelum menghapusnya, karenabesar kemungkinan akan terjadi error sistem.

Aplikasi Muncul Sendiri Di Android
Aplikasi Muncul Sendiri Di Android

TERKENA VIRUS

Penyebab yang selanjutnya mengenai Aplikasi Muncul Sendiri Di Android adalah adanya sebuah virus yang menyerang smartphone anda sendiri, virus yang terjadi pada sebuah Android memiliki nama Monkey Test dan juga Time Service yang memang terbilang cukup berbahaya bagi smartphone anda sendiri. Tidak hanya terdapat pada sebuah PC/Laptop virus bisa menyerang, pada perangkat Android pun hal ini bisa terjadi.

Perlu di ketahui oleh anda semuanya, virus itu bukanlah sebuah kesalahan sistem dan bukanlah sebuah penyakit yang datang dengan sendirinya, akan tetapi virus itu di buat oleh sekelompok orang untuk mendapatkan keuntungan salah satunya adalah dengan membuat anti virusnya tersebut. Hal yang lebih parah dalam membuat virus adalah, si pembuat bisa membobol beberapa data berupa Mobile Banking, Data Rahasia, dan lain sebagainya. Kedua virus ini biasanya datang pada aplikasi yang anda pasang di smartphone anda di luar Google Playstore.

Virus memang menjadi salah satu penyebab dari Android sering download sendiri sebuah aplikasi, karena itu disini opsi ponsel juga akan memberikan cara menanganinya. Simak ulasanya sebagai berikut.

  • Trun Off Data Seluler

Untuk tahap pertama jika memang smartphone anda sudah mulai di curigai terkena sebuah virus, contohnya paket data anda cepat habis, ada aplikasi yang datang sendiri, smartphone anda cepat panas, dan lain seagainya. Dengan mematikan terlebih dahulu paket data anda, anda sedikitnya akan terlindungi dari jaringan internet yang mungkin saya bisa menghubungkan dengan jaringan virus yang lainya. Istilah detailnya smartphone anda akan memberhentikan untuk sementara aktifitas virus tersebut di dunia jaringan internet.

  • Hapus Akun Smartphone

Silahkan hapus akun google atau Gmail anda sendiri pada sebauh perangat smartphone yang anda gunakan sekarang, karena tidak menutup kemungkinan akun google anda sendiri menjadi sarang si virus menyebarkan anak buahnya ke sistem yang lainya. Hal ini memang sangat tidak di senangi oleh sebagian orang, karena pada hakikatnya banyak sekali aplikasi yang sudah terhubung dengan  akun gmail tersebut. Namun demi menjaga keamanan teta harus mengganti aku gmailnya, karena walaupun anda menggunakan sebuah smartphone baru dan memasukan akun gmail anda kembali, dan kemungkinan smartphone anda yang baru juga akan terkena virus yang sama.

  • Deleted Aplication

Menghapus beberapa palikasi yang di curigai tentu menjadi salah satu rekomendasi juga dari kami, dimana yang paling penting adalah anda menghapus sebuah aplikasi yang sudah di pasang dengan cara yang salah. Maksud cara yang salah adalah anda memasang sebuah aplikasi yang tidak melalui google playstore, dimana itu biasanya menjadi salah satu indikasi terkenanya sebuah Virus Komputer. Jika memasang melalui google playstore maka aplikasi yang anda pasang aman, karena pasti google sendiri sudah memeriksanya terebih dahulu sebelum mempublikasikanya ke publik.

Baca juga ulasan tentang : Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi Di Android

Untuk melakukan tindakan ini silahkan masuk ke bagian pengaturan à lalu pilih Aplikasi Manager à lalu pilih Semua Aplikasi à dan silahkan delete aplikasi yang tidak anda inginkan atau yang anda curigai lalu unistall (Stop Aplikasi Lalu Hapus). Cara ini bisa menggunakan dengan cara safe mode seperti yang di jelaskan di atas tadi.

Aplikasi Muncul Sendiri Di Android
Aplikasi Muncul Sendiri Di Android
  • Pasang Antivirus

Yang satu ini mungkin menjadi rekomendasi dari siapapun, dan memang sangat di rekomendasikan sekali untuk pengguna PC/Laptop dan juga pengguna Android. Pada dasarnya memang antivirus ini akan mencegah sebuah virus yang masuk, dan jika anda memasang sebuah aplikasi di luar google pun secara otomatis aplikasi tersebut tidak akan bisa di install karena sudah terlacak membawa sebuah virus.

Silahkan pasang antivirus yang baik dan lakukan scan dengan cara mendetail, dan nanti aplikasi ini akan melakukan tindakan hapus virus otomatis. Namun jika anda memang benar – benar menyayangi smartphone anda gunakanlah antivirus yang premium, karena biasanya anti virus yang free masih bisa di bobol oleh banyak jenis virus yang bertebaran di internet. Silahkan googling anti virus apa saja yang sangat baik, untuk admin sendiri menggunakan Avast yang premium.

  • Pengaturan Awal

Langkah yang selanjutnya dalam menghadapi aplikasi terinstall sendiri di android adalah dengan melakukan tindakan menghapus semua data atau mengatur kembali ke pengaturan pabrik dari smartphone anda sendiri. untuk caranya sendiri silahkan masuk ke pengaturan à pilih backup dan reset à pilih pengaturan awal / pengaturan pabrik. Mungkin saja dengan cara ini bisa teratasi seluruhnya, namun masih bisa juga smartphone anda akan terkena virus kembali seperti semua.

Alasan smartphone anda bisa terkena virus kembali adalah ketika anda melakukan tindakan ini sudah pasti anda akan mencopot terlebih dahulu memori card anda karena memiliki banyak file berupa foto dan lain sebagainya, namun siapa sangkan memory SD anda sendiri sudah terkena virus dari smartphone tersebut? Cara yang lebih baik adalah silahkan pindahkan data ke FB berupa foto, no telfon, dll, lalu baru lakukan tindakan ini tanpa ada yang dihilangkan satupun dari smartphone anda.

  • Flash Ulang

Jika beberapa cara di atas masih belum membuahkan hasil yang sangat maksimal, cara yang terakhir adalah anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membawanya ke bengkel smartphone terpercaya. Karena mengatasi android instal aplikasi sendiri itu sebenarnya cukup mudah dengan kita tidak melakukan tindakan yang di luar peraturan google, dan sudah pasti akan aman jika kita mengikuti peraturan tersebut.

Untuk melakukan tindakan yang satu ini anda bisa di bilang tidak bisa melakukanya sendiri, karena dibutuhkan kemampuan khusus dan juga peralatan khusus untuk melakukan tindakan ini sendiri. Cara yang satu ini nantinya akan bekerja dengan cara memasuki bagian dari perangkat2 smartphone yang ada pada smartphone anda (Hardware dan software), dan otomatis smartphone anda akan seperti baru lagi.

Berikut adalah beberapa cara yang kami berikan untuk Aplikasi Muncul Sendiri Di Android dan semoga bis amemberikan jawaban yang puas untuk teman – teman semuanya, ingat jangan pernah melakukan penginstalan aplikasi di luar google play dan juga jangan sering – sering memasuki situs yang berbau enak – enak. Gunakanlah smartphone seperti apa adanya, maka anda akan di temani sangat lama oleh smartphone anda sendiri.

Lihat juga ulasan keren yang lainya di bawah ini :

Aplikasi Penangkap Sinyal Gojek

Aplikasi Kunci Layar Android Dengan Wajah

Aplikasi Android Mengganti Wajah Orang Lain

Jika ulasan dari Opsi Ponsel yang satu ini menjadi ulasan yang cukup membantu untuk teman – teman semuanya, silahkan luangkan waktu untuk SHARE artikel atau tulisan ini ke beberapa media sosial teman – teman agar bisa membantu yang di luar sana yang mengalami hal yang sama. Jangan lupa berikan juga komentar jika memiliki pendapat yang lain atau ingin saling berdiskusi satu sama lainya. Terimakasih.

error: Content is protected !!